Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sibolga adakan Konferensi Pers terkait seorang pasien positif Covid-19 warga Kota Sibolga, pada Kamis (25/06/2020) sore, di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga.

Seperti yang diungkapkan Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, S.Pi selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 menyampaikan, “Berdasarkan hasil Tes Cepat Molekuler Rumah Sakit Umum (RSU) Tarutung bahwa ada
seorang warga Kota Sibolga yang positif Covid-19 dengan inisial NS, jenis kelamin perempuan, tanggal lahir 17 Juli 1953 (67 Tahun), Pekerjaan Pensiunan PNS, beralamat
Jl. Kamboja No. 28 C, Kel. Simare-mare, Kec.Sibolga Utara.”

Sementara itu, riwayat kejadian yakni hari Selasa tanggal 23 Juni 2020 berobat ke IGD RSUD FL. Tobing pukul 20.50 WIB, kemudian dilakukan Rapid Test sebanyak dua kali hasilnya Reaktif.

Selanjutnya, hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 pukul 15.30 WIB pasien dirujuk ke RSU Tarutung dengan keluhan jantung, hipertensi, dan sesak.

Untuk Riwayat Perjalanan Pasien tidak ada melakukan perjalanan luar daerah, hanya saja pada tanggal 19 Juni 2020 pasien menikahkan anak di Pargadungan (Tapteng) dan pada saat itu ada keluarga yang hadir dari Rantau Parapat, diduga sebagai sumber penularan.

Upaya yang telah dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Sibolga yaitu:
1. Telah melakukan Tracing di RSUD FL. Tobing untuk mengetahui tenaga kesehatan yang sudah melakukan kontak dengan pasien;
2. Telah melakukan Tracing di lingkungan tempat tinggal pasien,
akan dilakukan Rapid Test;
3.Telah melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien;
4. Telah melakukan Rapid Test terhadap warga yang kontak dengan pasien di lingkungan tempat tinggal pasien;
5. Akan mengisolasi keluarga inti pasien di Wisma Atlet Parombunan; serta
6. Akan berkoordinasikan dengan Camat, Lurah, Kepling, Bhabinkamtibnas, Babinsa untuk melakukan monitoring dan pengawasan di lingkungan tempat tinggal pasien.

Turut hadir perwakilan Kapolres Sibolga, Sekda M. Yusuf Batubara, SKM, MM, para Asisten, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Kepala Dinas Kominfo Kota Sibolga, Kepala BPBD Kota Sibolga, dan Kasatpol PP Kota Sibolga.